Penyebab berat badan susah naik sulit kenapa

Penyebab berat badan susah naik sulit kenapa -Kenapa berat badan sulit naik penyebab utama apa dan kenapa berat badan susah naik sampai naikin berat banget gitu ya , mohon penjelasanya dokter ayu ya.Sebagian besar dari kita pasti ingin menurunkan berat badan. Tetapi di sisi lain, walaupun tidak banyak, ada orang-orang yang sangat ingin menaikkan berat badannya.

Kenapa ya berat badan saya tidak mau naik? Padahal untuk remaja dengan tinggi badan saya berat idealnya adalah sekitar 54 kg. Apakah saya ini cacingan? Soalnya saya menimbang berat badan saya sekitar 2 tahun yang lalu masih sama 48 kg, dan saya belum pernah minum obat cacing selama 17 tahun ini.

Apakah obat cacing aman untuk dikonsumsi walaupun tidak dalam kondisi cacingan? Bagaimana ya caranya mengatur jadwal makan saya sebagai siswa yang dalam masa sibuk sekolah? Terkadang saya tidak makan siang karena lupa membawa bekal dan tidak ingin membeli nasi goreng plus mie goreng yang dijual di kantin karena kebersihannya tidak terjamin. Mohon bantuannya ya.

Jawaban:

Pertama-tama, coba pastikan dulu timbangannya tidak rusak. Penggunaan obat cacing tidak berbahaya walaupun tidak cacingan, sebagai tindak pencegahan, terutama bagi masyarakat Indonesia yang standar sanitasinya masih tidak menentu. Sebaiknya minum obat cacing paling tidak 1 tahun 1x.

Sebagai pelajar yang juga masih bertumbuh saya sangat menyarankan agar kamu tidak skip makan siang. Otak dan otot membutuhkan supply karbohidrat ekslusif untuk dapat bekerja maksimal. Kalau kamu skip makan siang, supply karbohidrat otak dan otot juga berkurang dan dapat menyebabkan sulit konsentrasi dan lemas.

Cara mengatasi hal ini adalah dengan kerja sama dengan anggota keluarga/pembantu. Informasikan bahwa Anda butuh bawa bekal makan siang, mohon untuk diingatkan dan (kalau bisa) dibuatkan. Rencanakan bekal dan buat dari malam sebelumnya.

Saya mau tanya, kenapa saya makannya banyak dan sering tetapi berat badan saya tidak naik-naik? Apalagi saya cepat laparnya. Apa ini cacingan? Tapi saya sudah minum obat cacing tidak ada efeknya. Mohon resepnya supaya bisa naik berat badan saya hingga berat yang ideal.

Ada beberapa faktor yang perlu kita perhatikan untuk menjawab pertanyaan kamu:
– Usia pertumbuhan sehingga terjadi peningkatan kebutuhan kalori, energi, nutrisi. Karena berat badan yang kurang, otak bisa menganggap butuh makan lebih banyak dan sering maka cepat lapar.

– Makan banyak dan sering juga patut diperhatikan jenis makanannya. Pilih makanan yang padat energi, kalori dan nutrisi ketimbang makanan yang kosong nutrisi (seperti chips, gorengan, kue, permen, sirup).

Makanan yang bernutrisi dan tinggi kalori:
Karbohidrat: nasi (putih & merah), roti gandum & wholegrain, oats, barley
Protein: daging merah tanpa lemak/kulit, ayam tanpa lemak/kulit, ikan, telur, kacang-kacangan (kacang tanah, almond, walnut dll), biji-bijian (biji kwaci, bunga matahari, dll), susu (susu full krim/ susu penambah berat badan).
Lengkapi dengan sayur dan buah tiap harinya untuk supply vitamin dan mineral.

Pastikan setiap makan ada karbohidrat & proteinnya, meskipun hanya untuk snacking. Contoh snacking: susu, yoghurt, keju, segenggam kacang, energy bar

Obat cacing merupakan bentuk pencegahan jangan sampai cacingan untuk orang-orang yang tidak tinggal di lingkungan yang kumuh, jadi mungkin saja tidak ada efeknya karena tidak cacingan.

Saran saya setiap hari menanamkan keyakinan pada diri sendiri dengan berkata dalam hati: ‘saya akan bisa menambah berat badan saya. Saya mau dan akan menjadi sehat’ terutama sebelum makan.

Mungkin Anda akan berpikir apa sih susahnya menaikkan berat badan. Cukup makan junk food sebanyak-banyaknya dan dalam beberapa bulan berat badan akan bertambah secara drastis. Namun orang yang underweight tidak bisa sembarangan menambah berat badannya.

Makanan yang tidak sehat dapat membuat berat bertambah tapi tubuh kekurangan nutrisi. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan nutrisi yang diasup. Beberapa nutrisi di bawah ini sangat penting untuk menambah berat badan dengan cara yang sehat, seperti dikutip dari Boldsky.

1. Protein
Protein sangat penting dalam proses penambahan berat badan. Dengan mengonsumsi protein yang cukup, berat akan didapat dari massa otot yang bertambah dan bukan lemak. Anda dapat mengonsumsi makanan laut seperti salmon dan tuna karena kandungan proteinnya sangat tinggi. Disamping itu lengkapi dengan susu skim dan selai kacang.

2. Kolesterol Baik
Tubuh butuh asupan kolesterol untuk menambah berat badan. Pilihlah kolesterol baik yang terkandung dalam ikan bakar dan telur mentah. Telur mengandung banyak nutrisi penting yang dapat mengatasi kekurangan nutrisi. Anda juga dapat mengonsumsi kacang-kacangan seperti almond untuk menambah asam lemak Omega-3.

3. Karbohidrat Kompleks
Karbohidrat sangat penting untuk dikonsumsi agar tubuh bisa mendapatkan energi. Karbohidrat yang masuk ke tubuh akan pecah menjadi gula dan kemudian memberi energi ke tubuh dan sisanya akan tersimpan sebagai lemak. Maka dari itu, pilih karbohidrat kompleks untuk mengurangi penyimpanan lemak. Mengganti nasi putih dengan nasi merah dan roti dengan roti gandum akan membantu Anda mendapat karbohidrat kompleks.

4. Lemak
Kita selalu berpikir bahwa lemak perlu dihindari karena akan membuat tubuh menjadi gemuk. Padahal tubuh juga membutuhkan asupan lemak. Oleh karena itu makanan berlemak sangat dibutuhkan oleh orang dengan berat badan kurang. Tetapi pilihlah lemak yang baik seperti yang terkandung dalam mentega dan keju.

CARI INFO Www.Indenesia.Com VIDEO YANG LEBIH HOT CEK DAN KETIK

CEK REFRESH KECEPATAN INTERNET ANDA JIKA VIDEO TAK JALAN

WWW.INDENESIA.COM