Merokok menyebabkan nafsu makan menurun

Merokok menyebabkan nafsu makan menurun :Apakah merokok bisa menyebabkan nafsu makan menurun ? Tidak juga, sebab nafsu makan turun / berkurang dipengaruhi oleh banyak hal diantaranya cek lebih lengkap dengan membaca ulasan yang tersaji disini. Indonesia saat ini mempunyai prestasi yang cukup menyedihkan seputar rokok dengan jumlah perokok terbanyak di dunia setelah China dan India. Data yang ada menunjukkan bahwa 1 dari 3 orang Indonesia diketahui merokok.

Prevalensi kelompok umur di atas 15 tahun yang merokok setiap hari diketahui sebesar 28,2 persen sedangkan penduduk yang hanya merokok kadang-kadang sebesar 6,5 persen.Sebagian besar orang yang merokok di Indonesia adalah penduduk pedesaan, tingkat pendidikan rendah dan umumnya mereka yang pekerja informal dengan status ekonomi rendah.

Sementara itu bagi orang dengan penghasilan tetap dan status ekonomi baik mulai mengurangi rokok karena umumnya bekerja di ruang tertutup dan AC yang membuatnya tidak bisa merokok setiap saat.Di sisi lain penduduk umur 15-19 tahun merupakan kelompok merokok terbesar dengan angka 43,3 persen. Usia ini adalah anak pada kelas 3 SMP, SMA dan awal kuliah yang umumnya anak ABG yang mulai merokok untuk menunjukkan dirinya sudah dewasa.

Namun ada yang sangat menyedihkan yaitu sekitar 2,2 persen orang mulai merokok pada masa anak-anak yaitu umur 5-9 tahun, bahkan beberapa anak balita diketahui sudah menjadi pecandu rokok.Para perokok aktif ini tidak hanya merugikan dirinya sendiri, tapi juga membuat orang-orang disekitarnya yang menjadi perokok pasif. Terlebih data Riskesdas menunjukkan kebanyakan perokok di Indonesia melakukannya di rumah.

Dampak buruk rokok bagi kesehatan

Bagi perokok kadang-kadang yang menjadi patokan dari dampak merokok ini adalah gangguan pernapasan, jadi selama perokok tidak batuk atau sesak napas maka ia masih tetap merokok.Padahal efek samping dari merokok tidak selalu harus berdampak pada saluran pernapasan, karena itu tampaknya perokok ini harus kapok terlebih dahulu sebelum berhenti merokok.

Beberapa pasien menyesali kenapa dirinya mereka merokok justru setelah terkena kanker lidah, kanker kerongkongan, kanker usus besar, kanker paru atau kanker pankreas.Umumnya kalau penyakit akibat rokok yang dialami tidak terlalu berat, pasien hanya mengurangi jumlah rokok yang dikonsumsi dan akan kembali merokok lagi setelah ia merasa sehat. Tapi jika dampak sakitnya cukup berat maka biasanya ia akan berhenti total.

Dampak buruk lain dari rokok bagi kesehatan adalah serangan stroke ringan yang kadang kala membuat perokok kapok. Kondisi ini terjadi pada ayah saya sendiri yang mana beliau perokok kuat dan berhenti merokok setelah terjatuh di kamar mandi dan mengalami serangan stroke ringan.Para perokok yang mengalami hipersensitif pada saluran pernapasannya akan merasakan sesak napas saat mulai merokok hingga tak mau lagi mencoba merokok. Efek lain yang cukup bikin jera adalah jika sudah terkena serangan jantung.

Risiko lain yang sebenarnya tidak diketahui oleh para perokok adalah menyebabkan gangguan di saluran pencernaan atas, karenanya ia sering merasa begah, cepat kenyang dan kembung. Rokok juga menyebabkan asam lambung naik kembali ke kerongkongan atau refluks yang bisa mencetuskan penyakit GERD.Belum lagi rokok dapat merusak gusi serta gigi, tidak nafsu makan karena lambungnya penuh dengan gas hirupan asap rokok serta hipoksia kronis, karena itu perokok berat yang berhenti nafsu makannya bertambah atau meningkat setelah berhenti merokok.

Akhirnya di hari dunia tanpa tembakau yang jatuh pada 31 Mei ini ingin mengingatkan kembali untuk peduli pada dampak buruk dari rokok ini. Rokok merupakan zat yang sangat membahayakan bagi tubuh baik bagi perokok maupun orang yang berada di sekeliling perokok tersebut.Serta harus mendukung penuh pelaksaan perluasan Daerah Bebas Asap Rokok, serta mendukung penuh peringatan kesehatan berbentuk gambar pada bungkus rokok dan terus menerus membantu pelaksaan kampanye anti rokok.

Asap rokok maupun asap kendaraan sama-sama mengandung zat berbahaya bagi kesehatan ketika terhirup manusia. Tapi manakah yang paling berbahaya bagi kesehatan?

Jawaban atas pertanyaan tersebut berhasil dipecahkan salah satunya oleh Dr Giovanni Invernizzi dan timnya dari Tobacco Control Unit of Italy’s National Cancer Institute yang menganalisis kedua jenis asap tersebut melalui sebuah uji coba. Eksperimen itu berlokasi di sebuah garasi yang bertempat di desa kecil di Italia Utara dengan tingkat polusi rendah.

Percobaan dimulai dengan menyalakan mesin diesel berisi 2 liter bahan bakar diesel bersulfur rendah selama 30 menit di garasi dengan pintu ditutup (yang sebelumnya sudah dibiarkan terbuka selama 4 jam). Sesudahnya, tiga filter rokok dinyalakan dan dibiarkan membara selama 30 menit dalam ruangan yang sama.

Dari hasil pengamatan, pada sesi pertama sebelum rokok dinyalakan tingkat polusi udara pada garasi tersebut berada di angka 88 ug/m3. Dibandingkan dengan tingkat polusi sesudah tercampur dengan asap rokok, tingkat polusinya meningkat menjadi hampir 10 kali lebih besar yaitu 830 ug/m3.

Pembuktian menarik Mana yang Lebih Bahaya, Rokok atau Asap Kendaraan,”Saya sangat terkejut. Kami tidak berharap menemukan perbedaan besar dalam hal partikular yang dihasilkan,” kata Dr Invernizzi menanggapi hasil temuannya seperti dilansir New Scientist, Jumat (22/9/2017).Studi ini pun menambah deretan fakta, meskipun sama-sama berbahaya, asap rokok tetap lebih buruk bagi kesehatan dibandingkan dengan asap kendaraan.

Di samping itu, berbagai studi pun sudah sering menjelaskan bahwa di dalam asap rokok mengandung lebih dari 4.000 bahan kimia racun (toksik) dan 43 senyawa penyebab kanker (karsinogenik) yang artinya memang lebih banyak dari kandungan berbahaya asap kendaraan.

Kadang masyarakat bertanya kenapa asap rokok lebih diperhatikan dibanding dengan asap yang keluar dari kendaraan. Hal ini karena asap rokok lebih berbahaya dibandingkan asap kendaraan. Kenapa begitu?

“Tentu semua memang berbahaya, tapi polutan dari asap kendaraan lebih sedikit kandungan yang berbahayanya, kalau tidak salah tidak sampai 10 seperti karbon monoksida, sulfur dan nitrogen,” ujar dr H Azimal, MKes selaku Direktur Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes dalam acara temu media menyambut Hari Tanpa Tambakau Sedunia dengan tema: Melalui Regulasi terbaik, Kita Lindungi Generasi Muda dari Bahaya Merokok di gedung Kemenkes, Jumat (27/5/2011).

Sedangkan berbagai studi menjelaskan bahwa di dalam asap rokok mengandung lebih dari 4.000 bahan kimia racun (toksik) dan 43 senyawa penyebab kanker (karsinogenik). Hal ini yang menjelaskan mengapa asap rokok lebih berbahaya dibanding asap kendaraan.

Selain itu bukti-bukti ilmiah juga telah menunjukkan hubungan antara rokok dengan terjadinya berbagai penyakit seperti kanker, penyakit jantung, penyakit sistem saluran pernapasan, penyakit gangguan reproduksi dan juga kehamilan.

“Asap rokok itu kalau ditiupkan ke meja agak susah hilangnya karena dia lengket, jadi bagaimana jadinya jika asap itu masuk ke dalam paru-paru yang makin lama bisa makin banyak jumlahnya,” ungkapnya.

dr Azimal menuturkan lebih dari 43 juta anak Indonesia hidup serumah dengan perokok dan terpapar asap rokok atau sebagai perokok pasif. Jika anak-anak ini sering terpapar asap rokok maka ia bisa mengalami pertumbuhan paru yang lambat, lebih mudah terkena bronchitis, infeksi saluran pernapasan, telinga dan asma.

“Misalnya dalam satu rumah bapaknya merokok dan ada bayi, maka bayi tersebut bisa saja mengalami gangguan pertumbuhan,” ujar dr Azimal.

Diperkirakan bau asap rokok yang susah hilang ini karena asap rokok terbuat dari rantai molekul yang panjang, sehingga butuh waktu yang lama atau sulit untuk dihilangkan terutama pada kain. Selain itu asap rokok yang dihasilkan umumnya mengandung banyak zat atau residu.

Banyaknya dampak negatif yang bisa ditimbulkan dari asap rokok bagi kesehatan seseorang itulah yang membuat asap rokok lebih mendapatkan perhatian, meski begitu bukan berarti asap kendaraan tidak berbahaya karena di dalamnya tetap mengandung senyawa yang beracun bagi tubuh.

CARI INFO Www.Indenesia.Com VIDEO YANG LEBIH HOT CEK DAN KETIK

CEK REFRESH KECEPATAN INTERNET ANDA JIKA VIDEO TAK JALAN

WWW.INDENESIA.COM