Makanan yang bagus untuk menambah nafsu makan

Makanan yang bagus untuk menambah nafsu makan -Makanan apa saja yang bagus untuk menambah nafsu makan sehingga layak berfungsi secara bagus sebagai penambah nafsu makan terpercaya benar dan akurat ? Saat berusia 3-6 tahun si kecil perlu asupan nutrisi yang cukup untuk menunjang tumbuh kembanganya. Pertumbuhan gigi, tulang, otot dan otaknya dipengaruhi oleh makanannya. Karenanya perlu dicermati nutrisi apa yang diperlukan si kecil.

Anak-anak membutuhkan energi dan nutrisi yang tinggi. Namun di masa pra sekolah usia 3-6 tahun si kecil justru paling rewel dan susah makan. Nafsu makannya tidak menentu dan sangat pemilih saat makan. Namun, tak usah cemas, pastikan saja di setiap makanan si kecil terdapat kandungan nutrisi yang diperlukan:

Karbohidrat
Setidaknya satu jenis karbohidrat seperti nasi, roti, pasta, mie, sereal atau kentang disajikan dalam satu masakan. Jika si kecil kurang berselera, secara bertahap makanan karbohidrat yang tinggi serat dapat diperkenalkan.

Buah dan sayuran
Makan buah dan sayur dalam sehari sebaiknya sebanyak 5 porsi, atau seukuran 5 genggam sayuran. Buah dapat dijadikan topping puding untuk makanan selingan. Sama halnya seperti sayuran juga dapat dimakan mentah atau dimasak. Jika anak tidak menyukai sayuran, cobalah sembunyikan sayuran didalam makanan kesukaan anak seperti pizza, sup, casserole, bubur dan lain-lain.

Susu dan olahannya
Susu dan olahannya merupakan makanan sumber kalsium. Anak diharuskan minum susu sekitar 500ml sampai 600ml setiap hari. Susu dapat digunakan untuk campuran makan sereal, puding, keju, yoghurt, dan dapat diminum langsung. Cobalah sediakan camilan seperti puding atau yoghurt yang disajiakn juga dengan topping buah.

Daging dan ikan
Daging dan ikan harus dimakan sekali atau dua kali dalam seminggu. Dapat juga diselingi dengan daging sapi atau daging ayam. Ahli gizi menyarankan setidaknya 2 porsi ikan per minggu. Jangan berikan porsi lebih untuk makan ikan yang banyak mengandung lemak seperti ikan hiu dan ikan marlin karena mengandung merkuri yang tinggi yang dapat mempengaruhi perkembangan sistem saraf. Protein hewani lainnya seperti telur dapat dimakan dengan direbus, dicampur dalam sandwich, omelet dan orak-arik.

Makanan ringan
Pemilihan camilan anak juga penting. Jangan memilih makanan yang dapat menimbun lemak seperti makanan yang digoreng, es krim, permen, coklat, dan minuman manis. Jangan memberikan camilan ini dalam porsi yang besar karena dapat mempengaruhi nafsu makan dan mempengaruhi pola makan.

Nutrisi penting
Nutrisi penting untuk balita dan pra sekolah adalah zat besi, kalsium dan vitamin A, C dan D. Zat besi yang ada pada daging, susu, sayuran hijau dan biji-bijian. Kalsium sangat penting unutk pertumbuhan tulang dan gigi, produk olahan susu merupakan makanan sumber kalsium dan dapat dikonsumsi setiap hari.

Vitamin A dibutuhkan untuk kesehatan kulit dan perkembangan sel. Vitamin C penting untuk sistem kekebalan dan tumbuh kembang anak. Sedangkan vitamin D sangat penting untuk metabolisme kalsium. Semua makanan yang mengandung vitamin A, C dan D dapat ditemukan pada sayuran dan buah-buahan atau dapat diberikan suplemen vitamin tetes.

Makanan Ringan
Sediakan camilan sehat termasuk buah segar, sayuran, buah kering, potongan keju dan biskuit, roti bakar, sandwich, dan yoghurt.

CARI INFO Www.Indenesia.Com VIDEO YANG LEBIH HOT CEK DAN KETIK

CEK REFRESH KECEPATAN INTERNET ANDA JIKA VIDEO TAK JALAN

WWW.INDENESIA.COM