Cara mengatasi kulit kusam nampak pucat

Cara mengatasi kulit kusam nampak pucat -Cara mengatasi kulit wajah yang nampak kusam kusut pucat dan tak bercahaya agar kembali jadi lebih baik tanpa obat obatan cek mengapa wajah anda …Dok saya mau tanya, wajah saya kusam, berminyak dan pori-porinya besar. Saya sudah memakai cream pemutih, memang putih sih di pagi harinya tapi kalau sudah masuk siang hari kulit saya kelihatan kusam, berminyak dan pori-porinya terlihat besar. Saya juga sudah mencoba memakai masker untuk mengecilkan pori-porinya, tapi masih tetap tidak ada bedanya Dok. Apakah saya harus ke dokter kecantikan Dok? Mohon diberikan solusi. Terimakasih.

Haloo… Untuk masalah kulit kusam dan pori-pori besar sebaiknya jangan membeli krim pemutih sembarangan, idealnya konsultasi langsung ke dokter spesialis kulit terdekat untuk dianalisa jenis kulitnya dan disesuaikan jenis krim dan treatment yang tepat. Untuk produk mengatasi kulit kusam dan pori-pori umumnya mengandung asam vitamin A yang bekerja mengangkat sel kulit mati sehingga kulit lebih halus

Treatment untuk mengatasi pori-pori besar bisa menggunakan chemical peeling, dermaroller dan laser fractitional CO2. Hal lain yang perlu adalah aspek pencegahan, sebaiknya jangan memencet komedo karena komedo yang berukuran besar dipaksa keluar dari pori-pori akan memyebabkan pori-pori menjadi tambah membesar.

#Cara mengatasi kulit kusam #Cara mengatasi kulit kusam #Cara mengatasi kulit kusam

Tanya : Saya selalu merasa ada yang berbeda pada jenis kulit saya yang selalu tampak kusam pada wajah, tangan, serta kaki. Padahal pada leher, badan dan paha saya tidak tampak kusam (normal) dan keseharian saya selalu memakai pakaian tertutup seperti celana panjang.

Seperti yang saya ketahui jenis kulit saya adalah jenis kulit berminyak pada bagian wajah, dan apakah hal tersebut juga berpengaruh pada areal tangan dan kaki Dok? Padahal saya sering memakai lotion pemutih serta scrub pencerah kulit tetapi hasilnya tidak ada padahal saya jarang sekali berhadapan langsung dengan panas sinar matahari dikarenakan pekerjaan saya mengharuskan saya tetap stay di kantor. Mohon masukannya terkait hal tersebut.

Jawab:Untuk penyebab kusam pada wajah kemungkinan karena sel kulit mati yang menumpuk sehingga terlihat kusam. Untuk penanganan sebaiknya menggunakan krim perawatan dan treatment yang dapat mengangkat sel kulit mati. Jangan khawatir kulit menjadi tipis, karena kulit akan menumpuk lagi dalam 14-20 hari.

#Cara mengatasi kulit kusam #Cara mengatasi kulit kusam #Cara mengatasi kulit kusam

Untuk tangan dan kaki kemungkinan bukan dari faktor matahari. Penggunaan produk pemutih yang berlebihan kadang menyebabkan kulit menjadi iritasi ringan dan kering sehingga terlihat kusam. Sebaiknya rutin menggunakan pelembab untuk menjaga kadar air di kulit sehingga kulit menjadi lebih lembab dan lembut.

Susu pembersih, toner, penyegar, pelembap, dan tabir surya kerap digunakan agar kulit tampak indah dan segar. Padahal sebenarnya kesehatan kulit bukan menyoal perlakuan fisik saja karena kesehatan kulit merupakan refleksi kondisi tubuh secara keseluruhan.

Mayoritas orang hanya berfokus pada kosmetik saja. Padahal gaya hidup seperti makanan yang biasa diraup maupun olahraga turut mempengaruhi kondisi kesehatan kulit.

Inilah beberapa faktor yang berpengaruh pada kesehatan kulit, seperti dilansir Health Me Up dan ditulis pada Selasa (25/3/3014).

1. Nutrisi
Paparan polutan dari lingkungan serta tekanan pekerjaan menyebabkan sel-sel tubuh teroksidasi. Untuk menangkal efek buruk oksidasi, buah berwarna cerah dan sayuran wajib dikonsumsi. Pasalnya beberapa jenis buah dan sayur mengandung antioksidan alami yang dapat mengatasi kerusakan akibat oksidasi. Meski beberapa suplemen juga mengandung antioksidan, beberapa studi menunjukkan bahwa suplemen tidak seefektif antioksidan dalam makanan alami.

#Cara mengatasi kulit kusam #Cara mengatasi kulit kusam #Cara mengatasi kulit kusam

2. Stres
Ketika sedang stres, kadar kortisol di dalam tubuh akan meningkat. Kortisol membuat kulit kusam dan membuat warna kulit tidak merata. Stres juga mempercepat munculnya uban dan kerontokan rambut yang parah.

3. Berolahraga
Ketika berolahraga, akan ada banyak hormon endorfin yang diproduksi. Hormon tersebut merupakan hormon baik yang efektif memusnahkan stres sekaligus efek buruk stres. Olahraga juga meningkatkan aliran darah ke seluruh sistem tubuh termasuk kulit. Meningkatnya aliran darah yang kaya oksigen itu membantu proses penyembuhan kulit dan memperlambat proses penuaan.

4. Kurang Tidur
Tubuh memulihkan diri dan beregenerasi selama tidur. Selama proses itu, tubuh akan memproduksi hormon pertumbuhan yang membantu meluruhkan lemak perut, memperbaharui, dan meregenerasi kulit. Biasanya, orang yang mengalami gangguan tidur memiliki kulit yang terlihat kusam dan cepat menua.

5. Kebiasaan Merokok
Nikotin dalam rokok menyebabkan pembuluh darah semakin menipis sehingga pasokan darah menuju kulit berkurang. Hal tersebut menyebabkan kulit terlihat kusam dan mempercepat penuaan. Oleh karena itu, sangat penting menjaga kesehatan kulit dan tubuh melalui gaya hidup sehat.

Saat hamil, kondisi kulit umumnya memang akan mengalami perubahan. Biasanya ini terjadi karena adanya perubahan pada pengaturan hormon. Asalkan aman dan menurut petunjuk dokter, sah-sah saja kok melakukan perawatan kulit saat hamil.

Seperti disampaikan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin RS Pondok Indah Puri Indah, dr Suksmagita Pratidina, SpKK, atau dr Gita, hamil bukan berarti wanita tak boleh melakukan perawatan kulit. Boleh-boleh saja, selama perawatan dilakukan oleh dokter spesialis dan tak sembarangan.

Normalnya, saat hamil biasanya akan terjadi juga perubahan pada sistem hormon pengatur minyak di kulit. Efeknya hal ini akan mengubah tampilan kulit si wanita itu sendiri. Ada yang kulitnya tampak menjadi lebih berminyak dan berjerawat, ada pula yang justru menjadi lebih kering dan kusam.
“Makanya ada orang hamil yang kulitnya jadi berminyak, ada juga yang jerawatan, atau malah ada yang jadi lebih kusam dan kering. Ini biasanya karena siklus turn over kulitnya melambat,” ujar dr Gita.

Jangan buru-buru memberikan obat tertentu, apalagi jika tidak dikonsultasikan ke dokter, ditakutkan hal ini justru berdampak pada janin. Menurut dr Gita, perawatan kulit wanita hamil biasanya akan disesuaikan dengan masalah yang terjadi. Misalnya, kok kelenjar minyak jadi lebih aktif, maka perawatan yang dilakukan tentu dengan mengurangi produksi minyak di kulit.

#Cara mengatasi kulit kusam #Cara mengatasi kulit kusam #Cara mengatasi kulit kusam

“Lalu misalnya ada pula yang kulitnya kusam, kering dan kasar, ini yang dokter lakukan tentu memperbaiki skin barriernya alias kesehatan kulitnya. Misalnya dengan memberikan pelembab. Pelembab pun komposisinya bermacam-macam, harus disesuaikan kandungannya dengan kondisi ibu hamil,” terang dr Gita.

Sebelumnya dr Eddy Karta, SpKK dari EDMO Clinic Jakarta Selatan pernah menuturkan bahwa jika ibu hamil ingin mencerahkan kulit, maka pakailah produk yang aman. Nah, salah satu kandungan yang aman untuk mengatasi kulit kusam dan flek selama kehamilan ialah AHA dan vitamin C.

Apabila cuaca panas yang paling sering terjadi adalah kulit menjadi kering, karena meningkatnya penguapan air yang berada di dalam kulit. Kulit kering akan terlihat kusam dan bersisik halus,” ujar dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK dari DNI Skin Centre, dalam perbincangan

Jika terjadi panas ekstrem, maka yang perlu diwaspadai adalah ‘sunburn’ atau kulit yang terbakar matahari. Dijelaskan pria yang akrab disapa dr Darma, sunburn ditandai kulit kemerahan, perih dan panas. Kulit melepuh juga bisa terjadi apabila suhu udara sangat panas.

“Untuk menghindarinya wajib digunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih untuk membantu melindungi kulit,” saran dr Darma.

Saran lainnya adalah dengan menggunakan payung atau pakaian yang menutupi kulit dari paparan sinar matahari langsung ketika sedang berada di luar ruangan.

Ketika sedang kepanasan bolehkan sering menyemprot wajah dengan air? “Boleh, apabila kulit kering, sebaiknya memang sering dibasahi. Namun sebaiknya setelah dibasahi segera olesi dengan krim pelembap untuk mengurangi penguapan air dari dalam kulit.Setiap orang harus mandi untuk membersihkan kulitnya dari debu-debu yang menempel serta untuk mengangkat sel kulit mati. Tapi ingat jangan terlalu sering mandi karena justru bisa menyebabkan kulit menjadi kering.

Bukan berarti orang diharuskan untuk jarang mandi, karena jika jarang mandi juga tidak bagus untuk tubuh. Selain bisa menimbulkan bau, juga bisa mengundang tumbuhnya bakteri dan membuat tubuh menjadi kotor. Namun jika terlalu sering mandi bisa membuat lapisan kulit alami tubuh akan terkikis, sehingga tubuh akan menjadi kering dan tidak ada lagi lapisan yang bisa melindungi kulit.

#Cara mengatasi kulit kusam #Cara mengatasi kulit kusam #Cara mengatasi kulit kusam

Banyak ragam jenis penyakit kulit dan salah satunya jika keadaannya cukup serius disebut dengan ichthyosis vulgaris. Kondisi ini berkembang ketika sel kulit gagal untuk merontokkan dan membentuk yang lebih tebal, keadaan ini biasanya disebut dengan penyakit skala ikan. Hal ini bisa diwariskan atau mungkin terjadi akibat dari kondisi pengobatan seperti AIDS atau hypothyroidism, yang bisa membuat kulit seseorang menjadi jelek, seperti dikutip dari Health24, Jumat (21/8/2009).

Ada beberapa hal yang paling sering menjadi penyebab kulit kering selain keseringan mandi yaitu: Cuaca, umumnya terjadi saat musim dingin karena memiliki kelembaban yang rendah. Selain itu angin dan panas yang terlalu ekstrim juga bisa membuat kulit dehidrasi yang menyebabkan menjadi kering.Sabun yang keras, pelembab yang berparfum dan deterjen bisa membuat kulit kering.Pendingin dan penghangat ruangan.Perubahan metabolisme yang bisa terjadi karena faktor usia atau akibat dari kondisi pengobatan tertentu.

Gejala yang ditimbulkan biasanya tergantung dari umur, kesehatannya, faktor lingkungan apa yang mempengaruhinya dan penyebab utamanya. Namun, biasanya ditandai dengan kulit yang kasar dan tidak nyaman serta kadang timbul kemerahan.

Masalah kulit kering ini bisa dicegah atau diobati jika belum terlalu parah, ikutilah langkah berikut ini:
Jangan terlalu sering mandi dalam satu hari, cucilah muka satu kali sehari.Jangan menggunakan sabun yang keras, sabun yang mengandung pelembab paling baik digunakan. Hindari produk yang mengandung alkalin tinggi atau mengandung alkohol.
Gunakan air yang hangat bukan yang panas.

#Cara mengatasi kulit kusam #Cara mengatasi kulit kusam #Cara mengatasi kulit kusam

Aplikasikan minyak atau pelembab untuk mandi pada kulit, pelembab yang sudah mengandung minyak lebih efektif.
Gunakan pelembab udara jika udara sedang kering.Konsumsilah air yang cukup setiap harinya.Gunakan pelembab dengan minimal SPF 15 untuk menjaga kelembaban kulit.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut dan menghindari segala pemicu yang bisa menimbulkanya, maka kulit kering bukan lagi menjadi masalah bagi Anda. Dan ingat jangan terlalu sering mandi dalam sehari, mandilah sewajarnya sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan sore hari serta gunakan sabun yang mengandung pelembab.

CARI INFO Www.Indenesia.Com VIDEO YANG LEBIH HOT CEK DAN KETIK

CEK REFRESH KECEPATAN INTERNET ANDA JIKA VIDEO TAK JALAN

WWW.INDENESIA.COM